Gunung Kelir, gunung kecil penuh pesona di Purbalingga yang cocok untuk pemula



            Bagi sebagian orang, gunung kelir memang belum terlalu spektakuler dan seterkenal gunung – gunung lain di Purbalingga dst, terutama gunung slamet.Tapi , sekarang mulai banyak orang yang melirik gunung Kelir ini untuk menambah ke daftar gunung yang akan ditaklukkan.
            Gunung kelir ada di kabupaten Purbalingga, di kecamatan karang reja desa Serang dan Siwarak. Sekilas tentang sejaah, menurut masyarakat sekitar, nama gunung ini berasal dari kata “sikelir”, yang artinya kurang lebih kain yang digunakkan dalam pertunjukkan wayang. Maksudnya, gunung kelir ini sering terdapat kabut terutama sore hingga malam hari yang sangat mirip dengan kain sikelir tadi. Di gunung kelir juga berlaku berbagai pantangan seperti di gunung – gunung lain, seperti tidak boleh bicara kasar, dan lain sebagainya.
Cukuplah, tentang sejarahnya, sekarang tentang rute menuju gunung kelir. Rute menuju gunung kelir ini sebenarnya susah – usah gampang. Ada beberapa rute menuju gunung kelir, bisa dari arah siwarak atau serang. Jika melalui rute Serang, gunung kelir ini berada di belakang objek wisata kampong kurcaci. Kondisi gunung kelir juga tidak berbeda dengan gunung – gunung lainnya, dengan pohon – pohon besarnya, ilalangnya, dan sebagainya. Sumber air di gunung kelir terdekat adalah sebuah curug yang disebuut curug lawanng atau juga sungai – sungai kecil. Tapi sumber tersebut berada jauh dibawah gunung, sekitar lebih dari setengah perjalanan. Jadi, akan perlu bawa banyak air dan juga sedia sekop sebelum keluar. JTinggi gunung ini adalah 1343 mdpl. Gunung ini sangat cocok untuk para pemula untu mulai melatih fisik untuk mendaki gunung. Waktu yang diperlukkan jika melalui rute serang sekitar 3-4 jam(normal). Tapi, saya sendiri bersama teman –teman pernah 15 menit sampai, walaupun lari – lari. Pemandangan di Gunung Kelir juga tidak mengecewakan, artinya segala lelah begitu melihat  pemandangannya pasti langsung hilang apalagi bersama sahabat terbaik. Walaupun kadang tertutupi oleh kabut, tapi Sun Rise di gunung kelir sangat indah. Seperti pada gambar – gambar berikut :
Sun Rise



Saya sudah ke gunung kelir 2 kali, foto diatas saya ambil saat kunjungan kedua saya, yaitu saat malam tahun baru tahun 2017. Jadi, itulah sunrise pertama 1 januari 2017.. Saat itu, kondisi malam harinya hujan gerimis berkabut. Saya dan teman – teman waktu itu sekitar pukul 23.00 nekat keluar mencari kayu bakar, hingga hampir tersesat dikarenakan kabutnya yang tebal. Untung saja, kabutnya kemudian agak memudar, sehingga saya bisa pulang ke tenda dan kabut juga hilang sampai Sun Rise yang indah muncul. Gimana, tak kalah kan sama gunung sebelah. Jadi, anda tertarik mencoba ?


Comments

  1. aku ben tau ming ngono, emang apik ko...
    dadi pengin ngana manning...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Langkah Install DirectX 9 Di Windows 10 secara Offline

Mengenal Titik Lagrange: Titik Stabil untuk Penempatan Wahana Antariksa

Pengin atau Berencana Ikut Olimpiade Astronomi? Ini 6+ Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadapinya