Pengertian dan Jenis - jenis Narkoba

         Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat berbahaya lainnya. Menurut UU No. 22 tahun 1997, Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman maupun bukan tanaman, baik sintetis maupun semi-sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Selain Narkoba, pemerintah juga memperkanalkan istilah Napza, yang merupakan singkatan dari narkotika, Psikotropika, dan zat adiktif .


JENIS – JENIS NARKOBA / NAPZA

NARKOTIKA
         Menurut UUD No. 22 tahun 19997, Narkotika dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu :  Narkotika 1. Golongan I      : Merupakan jenis yang paling berbahaya, digunakan untuk penelitian dan ilmu pengetahuan . contohnya adalah Ganja, Kokain, Heroin, Morfin, dan Opium.

2.  Narkotika Golongan II     : Narkotika jenis ini memiliki daya adiktif yang kuat, biasa digunakan untuk pengobatan dan penelitian. Misalnya adalah Petidin, Benzitidin, dan Betametadol.

3.Narkotika Golongan III   : Daya adiktif yang terkandung ringan, digunakan untuk pengobatan dan penelitian. Contohnya adalah Kodein dan turunannya.

PSIKOTROPIKA
Kemudian, psikotropika sendiri menurut UU No. 5 tahun 1997 adalah zat atau obat bukan narkotika, baik alami maupun sintetis, yang berkhasiat psikoaktif. Psikotropika dibedakan menjadi 4 golongan, yaitu sebagai berikut :
1.       -Psikotropika Golongan I : Psikotropika jenis ini memiliki daya Dikti yang kuat serta belum diketahui manfaatnya untuk pengobatan, dan sedang diteliti khasiatnya. Contohnya adalah MDMA, LSD, STP, dan Ekstasi

2.       -Psikotropika golongan II : Memiliki daya adiktif kuat dan berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contoh Psikotropika golongan II adalah Amfetamin, Metafetamin, dan Metakualon.

3.      - Psikotropika golongan III: Daya adiktif pada Psikotropika golongan III sedang, serta berfungsi untuk pengobatan dan  penelitian. Contoh : Lumibal, Buprenorsia, dan  Fleenitrazepam.

4.       Psikotropika golongan IV: Psikotropika golongan IV memiliki daya adiktif ringan, dan berfungsi untuk penglihatan dan penelitian. Contoh : Nitrazepam dan Diazepam.

ZAT ADIKTIF LAINNYA

                Contoh yang dimaksud Zat Adiktif lainnya adalah rokok, alkohol dan minulan memabukkan lain, serta zat seperti Thinner dan zat memabukkan lain, seperti lem kayu, penghapus cair, cat, dan bensin.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Langkah Install DirectX 9 Di Windows 10 secara Offline

Mengenal Titik Lagrange: Titik Stabil untuk Penempatan Wahana Antariksa

Pengin atau Berencana Ikut Olimpiade Astronomi? Ini 6+ Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadapinya