3 Langkah Cara kompres Foto dengan Cepat Menggunakan Aplikasi Caesium

     
Caesium
Caesium
Dengan semakin majunya teknologi, kualitas dari sebuah foto juga semakin berkembang. Namun, semakin bagus kualitas dan banyak jumlah pikselnya, semakin besar pula ukuran foto tersebut. Perbedaan ukuran ini cukup jelas, seperti dari kamera Handphone “jaman dulu” yang tidak mencapai 1 MB, sekarang dengan kamera DSLR dapat mencapai 10 MB untuk satu foto.

Disamping itu, sekarang banyak diperlukan foto – foto yang berukuran tidak terlalu besar tapi kualitas tetap terjaga. Foto – foto tersebut biasanya digunakan untuk keperluan web atau blog, agar foto yang diupload tidak terlalu besar dan tidak terlalu mempengaruhi loading halaman web. Sehingga, muncullah teknologi kompresi foto untuk mengkompres ukuran suatu foto. Salah satu aplikasi yang digunakan untuk melakukan kompresi foto dengan mudah dan gratis adalah aplikasi Caesium.

Aplikasi Caesium dikembangakn oleh Matteo Paonessa, jika anda belum memiliki aplikasinya, silakan download dulu di website resminya di http://caesium.sourceforge.net.

Setelah aplikasinya terinstall, berikut langkah – langkahnya :
1. Tambahkan File Foto

Menambahkan foto ke caesium
Tambahkan Foto
Lakukan seperti pada screenshoot diatas. Perintah add folder (ctrl + shift + o)digunakan untuk menambah folder beserta foto yang di dalamnya,sedangkan menggunakan perintah add pictures (ctrl + o), kita tidak hanya dapat memilih satu foto, melainkan beberapa foto yang kita perlukan. Tips : gunakan tombol “ctrl” untuk menandai file. Selain itu, kita juga dapat lengsung menDrag and Drop dari file Explorer ke Aplikasi Caesium.

2. Atur kualitas, ukuran, dan output file
Pengaturan output
Pengaturan kualitas, ukuran, dan output file

Seperti gambar diatas, gunakan kolom kanan bawah untuk melakukan pengaturan kompresi, caranya dengan pilih file lalu set quality, atau jika kualitasnya sama, beri centang “same for all”. Kolom tengah bawah untuk melakukan setting resize atau merubah ukuran, setting kiri bawah untuk pengaturan output files atau file yang sudah dikompress.

3. Tekan Compress dan Selesai !
kompress foto dengan caesium
Selesai

Caranya, tekan compress diatas output folder, atau ikon pada toolbar disamping perintah preview. Selanjutnya, tunggu hingga kompresi selesai dan akan mulai kotak dialog seperti pada screenshoot diatas. Selesai!

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Install DirectX 9 Di Windows 10 secara Offline

Mengenal Titik Lagrange: Titik Stabil untuk Penempatan Wahana Antariksa

Pengin atau Berencana Ikut Olimpiade Astronomi? Ini 6+ Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadapinya