26+ Persamaan Unik di Serial Naruto dan Harry Potter yang Mungkin Tidak Anda Sadari

kesamaan unik naruto dan harry potter

Kamu fans Naruto? Atau fans Harry Potter? Atau malah keduanya? Kalau iya, apakah kalian nyadar bahwa ada cukup banyak persamaan antara keduanya? Walaupun berlatar belakang berbeda, Naruto berlatar kisah Shinobi, sedangkan Harry Potter berkisah Dunia Sihir, serta Naruto dari Jepang dan Harry Potter dari Inggris, tetapi kedua serial tersebut terbukti memiliki cukup banyak persamaan lho. Berikut 26+ Persamaan Unik di Serial Naruto dan Harry Potter yang mungkin tidak anda sadari

1. Berawal dari buku
Baik Naruto dan Harry Potter, keduanya sama – sama berasal dari buku yang kemudian difilmkan. Bedanya, kalau Naruto ditulis atau dikarang Masashi Kishimoto dari Jepang dalam bentuk komik, sedangkan Harry Potter ditulis JK Rowling dari Inggris dalam bentuk Novel. 

2. Ceritanya sangat popular dalam jangka waktu yang lama
Keduanya merupakan serial yang sudah dimulai cukup lama, akan tetapi sampai sekarang masih dikenal dan masih ada dihati pecintanya. Naruto Shippuden sekarang sudah tamat diepisode ke 500, namun masih berlanjut ke serial Boruto, yang merupakan putra dari Naruto Uzumaki dan Hinata Hyuga. Sedangkan Harry Potter juga bisa dibilang tamat, karena Harry berhasil membunuh musuh bebuyutannya, Lord Voldemort dan pada akhir cerita terdapat Harry yang sudah dewasa dan memiliki anak. Akan tetapi, ada wacana/perkiraan bahwa JK Rowling akan menerbitkan Buku kedelapan Harry Potter series, yaitu Harry Potter and the Cursed Child, yang kemungkinan besar akan difilmkan.

3. Judul Ceritanya diambil dari nama Karakter Utama
Teman-teman pasti langsung paham. Serial Naruto diambil dari nama tokoh utamanya, Uzumaki Naruto. Sama halnya dengan Harry Potter series, Harry Potter, tokoh utamanya juga dijadikan judul serial tersebut dengan ditambahkan frasa lagi, sehingga 7 Judul serial tersebut adalah :
a. Harry Potter and The Sorcerer’s Stone (Harry Potter dan Batu Bertuah)
b. Harry Potter and The Chamber of Secret (Harry Potter dan Kamar Rahasia)
c. Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (Harry Potter dan Tawanan Azkaban)
d. Harry Potter and The Goblet of Fire (Harry Potter dan Piala Api)
e. Harry Potter and Rhe Orde of The Phoenix (Harry Potter dan Orde Phoenix)
f. Harry Potter and The Half Blood Prince (Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran)
g. Harry Potter and The Deathly Hallows (Harry Potter dan Relikui Kematian)

4. Memiliki Banyak Nilai Kehidupan dan Persahabatan
Salah satu yang membuat kedua seri tersebut digemari, khususnya oleh saya sendiri adalah banyaknya nilai kehidupan yang dapat kita ambil dari cerita tersebut. Seperti dalam Naruto, Obito Uchiha pernah mengatakan pada Kakashi:
“Dalam kehidupan shinobi, orang yang melanggar aturan adalah sampah, tapi orang yang meninggalkan temannya lebih buruk dari sampah”
Tak jauh dari persahabatan, dalam Harry Potter juga sering berisi nasihat tersirat untuk tidak pernah meninggalkan teman, serta menghargai teman dengan sebaik – baiknya. Potterheads pasti paham.

5. Anak dalam Ramalan
Dalam Naruto Shippuden, diramalkan oleh Ogama Sennin(leluhur/raja katak) bahwa Jiraiya Sennin akan memiliki murid yang akan mengubah dunia, murid yang dimaksud adalah Naruto Uzumaki sendiri yang telah menjadi pahlawan konoha karena menyelamatkan dari serangan Akatsuki, serta menjadi pahlawan dunia shinobi karena bersama tim 7 telah mengalahkan Otsutsuki Kaguya, Dewi Shinobi.
Sedangkan dalam Harry Potter, Harry dijuluki “The Choisen One”, atau Sang Terpilih, hal ini didasarkan oleh ramalan guru Harry di Hogwarts, Sybill Trelawney, bahwa orang satu – satunya yang memiliki peluang untuk mengalahkan Lord Voldemort selamanya dilahirkan pada akhir bulan juli, anak laki-laki ini akan lahir dari orang tua yang telah lolos dari Voldemort tiga kali. Walaupun ramalan ini juga berlaku bagi sahabat Harry, Neville Longbottom, tapi Harry lah yang dijuluki Sang Terpilih karena Voldemort mengincarnya dan tidak dapat membunuh Harry, melainkan hanya membuat bekas luka di kening Harry.

6. Memiliki Bekas Luka
Seperti yang disebut diatas, Harry memiliki bekas luka di kening sebelah kanannya, sedangkan Naruto memiliki bekas luka di pipi kanan kiri yang membuatnya seperti kumis musang/kucing, serta tanda segel Kyubi atau Kurama di pusarnya.

7. Terlahir Yatim Piatu yang Orang Tuanya mati dibunuh musuh.
Saat kelahiran Naruto, Ayah(Minato) dan Ibu(Kushina) Naruto mengorbankan diri mereka untuk menyelamatkan Naruto dan menyegel Kyubi yang mengamuk. Sedangkan Pada Harry Potter, Orang tua Harry(James dan Lily Potter) juga menyelamatkan putranya dengan mengorbanan dirinya menggunakan sihir lama yang disebut cinta, karena kecintaan Lily Potter terhadap Harry mengalahkan kekuatan Voldemort, sehingga Harry dapat selamat dari kutukan Avada Kedavra Voldemort, bahkan menyebabkan Voldemort kehilangan kekuatannya selama beberapa tahun.

8. Mendapat Perlakuan Khusus
Dengan dimilikinya, bekas luka dan sejarah tersebut, maka Naruto dan Harry Potter pun mendapat perlakuan khusus. Naruto saat kecil dianggap sebagai monster sehingga dijauhi warga desa, walaupun karena kerja kerasnya dia dijuluki pahlawan desa / pahlawan dunia shinobi saat dewasa. Sedangkan Harry sangat dihormati oleh masyarakat penyihir sehingga disebut Sang Terpilih, tapi Harry juga sempat diejek bahwa dia hanya beruntung karena selamat dari Lord Voldemort.

9. Kepercayaan Guru
Karena awalnya dijauhi banyak orang, maka hanya sedikit orang yang mempercayai Naruto dan Harry Potter. Guru yang pertama kali mengubah Naruto dengan Kepercayaannya adalah Iruka Sensei, yang rela menyelamatkan Naruto dan percaya kepadanya. Dalam Harry Potter, orang tersebut adalah Hagrid yang pertama kali memberitahukan siapakah Harry sebenarnya dan membawa Harry ke sekolah sihir Hogwarts.
Selain itu, guru yang sangat berperan penting pada Naruto adalah Jiraiyya Sensei, yang mengajari Naruto banyak hal, termasuk Rasengan, walaupun Jiraiyya di kemudian hari mati sebagai pahlawan konoha saat sedang mencari informasi mengenai Pain. Sedangkan pada Harry adalah sang Kepala Sekolah, Proffesor Dumbledore yang sangat mempercayai Harry, seperti jika Harry dihadapkan pada masalah yang aneh, hanya Dumbledore yang benar – benar mempercayai Harry dan 2 Kawannya. Seperti halnya Jiraiya, Dumbledore juga nantinya meninggal secara heroik, mengorbankan dirinya sendiri agar tidak dibunuh Draco Malfoy, tapi dibunuh Severus Snape atas perintahnya sendiri agar Snape mendapatkan kepercayaan Pengeran Kegelapan Voldemort. 

10. Tim Tiga Orang (Tiga Sekawan)
Baik pada Naruto maupun Harry Potter, keduanya memiliki tim yang beranggotakan 3 orang. Pada Naruto, Uzumaki Naruto ditemani oleh Uchiha Sasuke dan Haruno Sakura. Sedangkan Pada Harry Potter, Harry James Potter ditemani Ronald Billius Weasley dan Hermione Jean Granger. Uniknya lagi, pada kedua tim tersebut terdapat dua laki – laki dan satu orang perempuan.
Tim Harry Potter
Tim Harry Potter
sumber gambar : http://harrypotter.wikia.com/wiki/Main_Page
Tim 7 Naruto
Tim 7 Naruto
sumber : https://www.pinterest.com/blank2262/team-7/


11. Agen Ganda Severus Snape dan Uchiha Itachi
Dalam Harry Potter, terdapat Severus Snape yang menjadi agen ganda, yaitu Severus Snape yang bekerja sebagai agen Orde Of Phoenix (milik Dumbledore) dan Death Eaters / Pelahap Maut (milik Voldemort), tapi Snape tetap setia mengikuti Dumbledore termasuk mematuhi perintah tersulit Dumbledore, yaitu membunuh Dumbledore sendiri.
Tak jauh berbeda lagi, dalam Naruto terdapat tokoh Uchiha Itachi, yang merupakan kakak dari Uchiha Sasuke. Uchiha Itachi menjadi agen ganda untuk Konoha(desanya) dan Uchiha(klannya), Seperti halnya misi berat Snape, Itachi juga memiliki misi yang berat, yaitu membunuh seluruh anggota klannya kecuali adiknya untuk mencegah kudeta uchiha. Karena kecintaan itachi kepada adiknya dan kesetiaannya pada desa, maka ia pun menerima misi tersebut, kemudian masuk ke akatsuki untuk menjadi mata – mata.
Snape dan Itachi juga sama – sama memiliki rambut hitam klimis, cuek dan dingin, tapi memiliki kekuatan yang hebat. 

12. Akatsuki dan Death Eaters
Keduanya adalah organisasi penjahat dengan kemampuan aneh/mengerikan, pakaian hitam, serta tujuan kejamnya. Akatsuki dalam Naruto bertujuan untuk mengumpulkan semua bijuu, yang berarti harus membunuh bijuu dan jinchuurikinya, termasuk Naruto yang merupakan Jinchuriki Kyubi.
Sedangkan Death Eaters/Pelahap Maut dalam Harry Potter lebih suka membunuh muggle(sebutan dari penyihir untuk manusia biasa yang tidak memiliki kekuatan sihir) serta yang berdarah campuran (hasil perkawinan Muggle dan Penyihir).
akatsuki dan death eaters
Akatsuki
sumber gambar : http://vampiregodesnyx.deviantart.com/art/Anime-Zodiac-Compatibility-Chart-Naruto-Akatsuki-587394831
deathe eaters dan akatsuki
The Death Eaters
sumber : aminoapps.com
13. Anbu dan Auror
Dengan adanya organisasi tersebut, maka dibentuklah organisasi untuk melawannya. Dalam Naruto, ada Tim Anbu yang bertugas menangkap pengkhianat dan gerombolan Akatsuki. Sedangkan dalam Harry Potter ada Auror yang bertugas untuk menangkap penyihir hitam dan gerombolan Death Eaters.

14. Mata Kekuatan khusus
Dalam Harry Potter, terdapat tokoh Mad-Eye Moody, yang memiliki kemampuan mata khusus(mata kiri), seperti dapat melihat kebelakang, perbesaran, dan sebagainya. Sedangkan dalam Naruto, kemampuan mata memiliki banyak jenisnya,  seperti Sharingan, Byakugan, Rinnegan, serta yang terbaru Tenseigan.

15. Orochimaru dan Lord Voldemort 
Kedua tokoh tersebut merupakan salah satu tokoh antagonis terbesar, atau bisa dikatakan tokoh yang paling jahat. Walaupun, dalam Naruto tokoh Orochimaru akhirnya menjadi baik dan bersama pasukan shinobi melawan Madara Uchiha. Tapi ada banyak persamaan antara Orochimaru dan Lord Voldemort, salah satunya adalah keabadian. Orochimaru memiliki tubuh abadi tapi ia harus selalu berpindah – pindah tubuh agar tetap hidup selamanya, sedangkan Voldemort berhasil membagi jiwanya menjadi tujuh bagian atau disebut Horcrux, sehingga meskipun tubuh aslinya hancur atau terbunuh, jiwanya yang ada pada horcrux masih utuh.Ketujuh Horcrux Voldemort adalah Buku Harian Tom Riddle, Cincin Marvolo Gaunt, Liontin Salazar Slytherin, Piala Helga Hufflepuf, Mahkota Rowena Ravenclaw, Ular peliharaannya Nagini, serta Harry Potter. Selain itu, Orochimaru dan Voldemort juga sangat dekat dengan sosok ular. Orochimaru memiliki ular bernama Manda, sedangkan Voldemort memiliki ular bernama Nagini.

16. Pertarungan Guru dan Murid
Melanjutkan poin sebelumnya, satu lagi kesamaan Orochimaru dan Lord Voldemort adalah pertarungannya dengan gurunya. Orochimaru berhasil membunuh gurunya sendiri, Hiruzen Sarutobi atau JHokage ketiga saat Orochimaru menyerang Konoha, yang harus dibayar mahal Orochimaru dengan disegelnya kekuatan tangannya ke Shiki Fuijin.
Sedangkan Voldemort, yang memiliki nama kecil Tom Riddle juga dewasanya memusuhi gurunya sendiri, Proffesor Dumbledore, mereka sering berduel berlawanan, tapi tidak sampai salah satunya meninggal. Akan tetapi Dumbledore berhasil menghancurkan salah satu Horcrux Voldemort, dan Dumbledore mati dibunuh Snape seperti yang sudah dibahas diatas.

17. Tanda Pengikut
Pengikut Orochimaru dinamakan Goninshu, bukan Akatsuki. Sedangkan Pengikut Voldeort dinamakan Death Eaters/Pelahap Maut.Goninshu dan Pelahap maut sama – sama memiliki tanda, kalau Pelahap maut memiliki tanda ular, atau biasa dikenal tanda kegelapan dilengannya, Goninshu memiliki tanda dilehernya, berupa gigitan Orochimaru yang berbentuk seperti Sharingan.

18. Banyak Sahabat, Keluarga dan Guru yang gugur
Karena merupakan sosok yang sangat dicari – cari, Naruto dan Harry Potter seringkali mendapatkan serangan, sehingga banyak sahabat, keluarga, dan guru yang gugur. Seperti dalam Naruto ada kedua orang tua Naruto, Uchiha Itachi, Neji Hyuga, Jiraiya Sensei, Obito Uchiha, dan lain-lain. Sedangkan dalam Harry Potter seperti Kedua orang tua Harry, Fred Weasley (kembaran George Weasley), Remus Lupin, Sirius Black, Dumbledore, dan lainnya.

19. Pasukan Mayat Hidup
Dalam Naruto, terdapat Jutsu Edo Tensei yang merupakan salah satu jutsu terlarang yang bisa membangkitkan yang telah mati dalam bentuk mayat hidup (Kalau membangkitkan seutuhnya digunakan, Rinne Tensei, tapi hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki mata rinnegan dan bersedia mengorbankan dirinya.)Pasukan Edo Tensei ini sangat mengacaukan saat perang dunia ninja melawan akatsuki.
Sedangkan dalam Harry Potter terdadpat mantra Inferius, yang dapat membuat mayat hidup. Pasukan Inferi ini sempat merepotkan Harry dan Dumbledore saat mereka mengambil salah satu Horcrux Voldemort, yaitu Liontin Salazar Slytherin.

20. Mantra/Jutsu Terlarang
Dalam Harry Potter, terdapat mantra terlarang, atau istilahnya Kutukan Tak Termaafkan, yaitu kutukan Imperius(pengendalian sepenuhnya atas seseorang), Cruciatus(Rasa sakit tak terkira), dan Avada Kedavra(kematian seketika)


21. Raksasa
Dalam Harry Potter, tidak asing lagi makhluk-makhluk aneh termasuk raksasa, bahkan Hagrid, salah satu guru Harry juga memiliki ibu raksasa. Kalau di Naruto, memang tidak ada raksasa, tetapi ada satu klan yang punya jutsu rahasia untuk bisa memperbesar dirinya menjadi seperti raksasa.

22. Angka Tujuh
Harry Potter dan Naruto juga memiliki angka yang serba tujuh. Seperti Harry Potter ada 7 tahun di sekolah, ada 7 pemain Quidditch dan Harry bernomor punggung 7, ada 7 Horcrux yang dibuat oleh Lord Voldemort, dan Voldemort mati pada novel ketujuh. Sedangkan dalam Naruto adalah Naruto tergabung dalam Tim 7, Naruto masuk akademi 7 tahun, serta Naruto menjadi Hokage Ketujuh.

23. Rasa Iri
Dalam Naruto, sasuke iri pada kakaknya Itachi yang hebat di segala hal, sehingga ia berambisi untuk lebih kuat dari Itachi, sedangkan dalam Harry Potter Ronald Weasley iri pada kakak – kakaknya yang menjadi prefek, pemain quidditch, serta sudah sukses sekarang, sehingga ia juga akhirnya berhasil menjadi Prefek dan menjadi pemain Quidditch

24. Tempat yang tersembunyi
Konoha dan Hogwarts sangat besar dan luas, tetapi keduanya diceritakan sangat tersembunyi dan jarang sekali bisa ditemukan orang tanpa sengaja. Keduanya juga terdapat batas yang sulit ditembus, serta deteksi penyusup masuk dalam konoha. Selain itu, di dalam sekolah sihir Hogwarts juga tidak dapat menggunakan Apparation, kecuali untuk Dumbledore saat ia menjadi kepala sekolah Hogwarts.

25. Pengagum Rahasia
Harry memiliki pengagum Rahasia Ginny Weasley, sedangkan pengagum Rahasia Naruto adalah Hinata Hyuga.

26. Kisah Cinta antar tokoh
Harry akhirnya menikah dengan Ginny Weasley, adik Ronald Weasley. Sedangkan Ronald Weasley sendiri menikah dengan Hermione Granger, teman satu timnya.
Dalam Naruto, Naruto menikah dengan Hinata Hyuga, sedangkan seperti Ron dan Hermione, Sasuke menikah dengan teman satu timnya juga, yaitu Sakura.

27. Kisah yang panjang



keluarga naruto dan sasuke
Keluarga Naruto dan Sasuke
sumber : https://www.duniaku.net/2015/05/31/seperti-inikah-silsilah-keluarga-naruto/

Penggemar Naruto pasti sudah tahu betul, bahwa Naruto memiliki banyak sekali episode belum termasuk Movie atau fillernya. Naruto Shippuden tamat tepat pada episode kelima ratus. Itu baru Naruto Shippuden, belum termasuk Naruto kecilnya. Selain itu, walaupun Naruto Shippuden tamat masih ada generasi penerusnya, yaitu kisah anak Naruto dan Hinata, Boruto, Himawari dan kawan-kawannya dalam manga Boruto : Naruto Next Generations.
harry potter versi dewasa
Harry Potter dewasa
sumber : http://showbiz.liputan6.com/read/2348758/harry-potter-versi-teater-lanjutkan-cerita-novel-ini-sinopsisnya

Sedangkan dalam Harry Potter, memang tidak sampai ratusan episode karena memang novel dan film layer lebar, tapi seperti halnya Naruto, ceritanya berlanjut ke generasi berikutnya, seperti di akhir Harry Potter 7, ada epilog keluarga Harry cs mengantar putra-putrinya ke Hogwarts. Selain itu, juga diperkirakan akan terbit novel kedelapan, yang berjudul Harry Potter and The Cursed Child oleh JK Rowlings.
Jika anda penggemar Naruto atau Harry Potter, silakan bagikan artikel ini kepada teman-teman kalian

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Langkah Install DirectX 9 Di Windows 10 secara Offline

Mengenal Titik Lagrange: Titik Stabil untuk Penempatan Wahana Antariksa

Trip dan info Pendakian Gunung Slamet 3428 mdpl via Dipajaya, Pemalang