Kategori Software yang harus diinstal di PC/laptop windows




      Program Office
Program Office merupakan software untuk melakukan editing dokumen atau docs, contoh software Office adalah Openoffice(gratis), dan Microsoft Office(berbayar)

 Browser
Kalau yang satu ini sudah pasti untuk para pengguna internet, karena tanpa browser kita tidak akan dapat membuka website atau umumnya tidak bisa internetan. Contoh browser adalah Google Chrome, Mozilla firefox, UC Browser (semua browser tsb. Freeware atau gratis)

Antivirus
Antivirus adalah software yang wajib diinstal di PC/laptop, karena tanpa ini Pc/laptop ini akan sengat mudah terinfeksi virus atau malware. Contoh antivirus bisa dari antivirus lokal Indonesia Smadav, atau Avast Antivirus, AVG antivirus.

Aplikasi Pembersih
Aplikasi pembersih berguna untuk membersihkan komputer kita dari berbagai Ike sampah yang memberatkan komputer. Contoh aplikasi pembersih yang populer adalah CCleaner

Aplikasi pengkompress file/archiever
Sekarang sangat banyak file yang disebarkan dalam bentuk arsip, seperti format 7z, zip, atau rar. Dengan metode kompresi data ini, kita akan dapat memperkecil ukuran satu file. Contoh : 7zip(gratis), winrar(berbayar), winzip(berbayar) 
         
Pemutar musik
Untuk pecinta musik, software ini sangat penting. Contoh software pemutar musik adalah Winamp, Aimp, Windows Media Player, iTunes.

 Pemutar video
Contoh pemutar video yang paling populer adalah MPC-HC, VLC media player.

Aplikasi pembaca format Pdf
Saat ini, format pdf sangat populer, banyak file seperti tutorial atau ebook menggunakan format pdf. Contoh aplikasi pembaca format pdf adalah Adobe reader, foxit reader

  Editor foto bitmap
Aplikasi ini berfungsi untuk mengedit foto/gambar yang bebasis bitmap, contoh : Adobe Photoshop(berbayar), GIMP(gratis)

 Editor gambar vektor
Masih satu keluarga dengan editor bitmap, perbedaan umumnya vektor akan lebih mengarah ke garis dan logo. Contoh : Inkscape(gratis), Adobe Illustrator(berbayar), CorelDRAW(berbayar)

Download manager
Lha, yang satu ini sangat penting untuk yang hobi download seperti saya, contoh aplikasi download manager & accelerator adalah Internet Download Manager(berbayar), Eagleget(gratis)

Aplikasi Image/DVD tool
Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan Burn(pembakaran) ke disk, membuat file image seperti iso(file dari disc lengkap). Contoh aplikasi image : PowerISO, UltraISO, contoh aplikasi Bun disc : Ashampoo burning studio, Nero Burning ROM

Selain aplikasi diatas, sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang juga cukup berguna seperti aplikasi dvd ripper, kamus, dan sebagainya.





Comments

  1. terima kasih, saya juga sudah pernah mengunjungi kampung kurcaci, baik di aslinya, maupun blognya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Langkah Install DirectX 9 Di Windows 10 secara Offline

Mengenal Titik Lagrange: Titik Stabil untuk Penempatan Wahana Antariksa

Pengin atau Berencana Ikut Olimpiade Astronomi? Ini 6+ Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadapinya