Contoh pidato dengan tema penghijauan



Kali ini, saya akan berbagi tentang contoh teks pidato bertemakan penghijauan yang saya buat sendiri. jadi, buat yang mau nyalin harap tidak lupa menyertakan sumber naskah pidato tersebut. Berikut teksnya.

Assalamualaikum W. W.

Yang Terhormat Bapak Kepala SMP Negeri 1 Mrebet,
Bapak Ibu guru serta staff TU yang saya hormati,
serta teman – teman yang saya cintai dan saya banggakan

Pertama – tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato dengan tema Pentingnya Upaya Pelestarian Pohon.

Hadirin semuanya, sekarang populasi pohon di lingkungan sekitar kita bahkan di seluruh dunia sedang menurun drastis. Tak hanya itu, Indonesia yang dikenal sebagai Paru – paru dunia juga mulai kehilangan pohon – pohon yang cukup banyak. Hal ini dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor manusia dan alam. Contoh faktor manusia yaitu penebangan hutan, sistem ladang tebang pindah, sedangkan yang disebabkan oleh faktor alam yaitu berbagai bencana seperti kebakaran hutan, dan lain sebagainya.
Lalu, apa yang membuat pohon begitu penting bagi umat manusia, berikut akan saya sampaikan sedikit manfaat dari pohon.
1.      Pohon merubah karbondioksida menjadi oksigen yang sangat penting bagi umat manusia dalam hal pernapasan. Karena pernapasan memerlukan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Tugas pohonlah merubah karbondioksida agar dapat menjadi oksigen. Jadi, tanpa pohon, dengan apa manusia akan bernapas ?
2.      Pohon dapat mencegah berbagai bencana alam, seperti banjir karena pohon menyerap air ke tanah dan mengalirkannya ke laut. Selain itu juga mencegah tanah longsor karena pohon yang ada di lereng dapat mengikat atau mencengkeram tanah agar tidak mudah longsor.
3.      Pohon menyediakan hasil – hasil alam yang sangat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis tinggi seperti buahnya, batangnya, serta dedaunnya asalkan dapat memanfaatkan dengan bijaksana.
Hadirin Yang Berbahagia, Selanjutnya, untuk melestarikan populasi pohon, kita bisa melakukan  upaya pencegahan seperti hal berikut
1.      mengurangi pembukaan atau penebangan hutan serta menekan pertumbuhan penduduk.
2.      Melaporkan tindak penebangan liar pada pihak yang berwenang
3.      membiasakan menanam pohon dimulai dari lingkungan sendiri, seperti di taman depan rumah atau kebun belakang rumah.
4.      Mengikuti kegiatan pecinta alam dan masyarakat dalam melakukan kegiatan sosial peduli pohon, seperti penanaman 1001 pohon, dan lainnya.
5.      Tidak membuang sampah non organik seperti plastik dengan cara menguburnya, karena plasik sangat sukar membusuk dan akan mengganggu pertumbuhan pohon.

Jadi, marilah kita bersama untuk memulai menjaga populasi pepohonan dari lingkungan sekitar kita sampai seluruh penjuru dunia. Pertama kita mulai dari diri sendiri, kemudian kita sosialisasikan kita sebarkan dan kita bagikan kepada masyarakat tentang berbagai manfaat pohon, serta upaya kita menjaga populasi pohon, supaya berkurang atau hilanglah semua bencana akibat kekurangan pohon, serta agar nantinya anak cucu kita dapat melihat, menikmati, serta memanfaatkan pohon – pohon di dunia, dan tidak kita habiskan pohon – pohon tersebut dengan rakus dan serakah.

Sekian yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya.Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat, mohon maaf apabila terdapat kata – kata yang kurang berkenan. Akhir kata,

Wassalamualaikum W. W.

Sekian dulu dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan atau kekurangan pada teks pidato diatas,

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Langkah Install DirectX 9 Di Windows 10 secara Offline

Mengenal Titik Lagrange: Titik Stabil untuk Penempatan Wahana Antariksa

Trip dan info Pendakian Gunung Slamet 3428 mdpl via Dipajaya, Pemalang