13 Aplikasi Windows gratis terbaik untuk Alternatif software berbayar yang tidak kalah canggih

Salah satu hal yang disayangkan dari OS Windows adalah banyaknya aplikasi berbayar. Harga aplikasinya pun bervariasi, mulai ratusan ribu hingga jutaan ribu rupiah. Memang itu tidak menjadi masalah bagi mereka yang memiliki budget lebih. Namun itu menjadi masalah yang cukup besar bagi kalangan menengah ke bawah. Sehingga banyal yang menggunakan aplikasi berbayar tanpa membelinya, yaitu dengan menggunakan crack, patch, dan sebagainya yang rentan terkena virus dan semua tindakkan itu merupakan tindakkan yang illegal. 

Tidak salah juga para developer yang mematok harga untuk aplikasi yang mereka kembangkan, karena aplikasi – aplikasi berbayar tersebut merupakan aplikasi besar dan kompleks yang digunakan oleh professional untuk bekerja. Baca juga (Daftar Lengkap Aplikasi Desktop Adobe Systems inc. Beserta fungsinya)

Jadi, daripada menggunakan crack atau membeli lisensi original yang mahal, anda dapat mencoba berbagai aplikasi gratis sebagai alternative aplikasi berbayar yang memiliki fitur yang tidak kalah banyak dan powerfull Berikut Aplikasinya : 

1. GIMP
GIMP photo editor

GIMP merupakan kependekkan dari GNU Image Manipuating Program. GIMP merupakan suatu bitmap editor atau pengedit foto, yang merupakan alternative software berbayar seperti Adobe Photoshop, Corel Photopaint, dan sebagainya. Memiliki license freeware atau gratis bukan berarti GIMP minim fitur dan serba kekurangan. GIMP memiliki tool – tool lengkap yang sangat baik digunakan untuk mengedit foto baik untuk kalangan pemula hingga professional.

2. Inkscape
tampilan aplikasi inkscape

Jika Adobe Photoshop bersaudara dengan Adobe Ilustrator, maka Inkscape dapat disebut sebagai saudaranya GIMP. Inkscape merupakan aplikasi pengedit vector yang merupakan alternative gratis aplikasi seperti CorelDRAW atau Adobe Illustrator yang berbayar.

3. Audacity
tampilan aplikasi audacity

Audacity adalah aplikasi untuk mengedit audio. Audacity merupakan aplikasi alternative yang sangat tepat untuk audio editor lain seperti Adobe Audition atau Cyberlink Audio Director. Audacity tersedia untuk berbagai platform seperti Windows, Macintosh, dan Linux.

4. Blender
tampilan aplikasi blender

Selanjutnya adalah aplikasi Blender, aplikasi 3D rendering yang dapat menggantikan software berbayar seperti Autodesk 3Ds MAX.

5. Hitfilm 4 Express
Jika anda seorang Youtubers atau suka mengedit berbagai video, anda akan membutuhkan software untuk menambahkan berbagai efek visual ke video anda. Software yang popular yaitu Adobe After Effect, namun jika anda mencari yang freeware, anda bisa menggunakan Hifilm Express. Hitfilm Express dikembangkan FX Home yang merupakan versi gratis dari Hitfilm Pro. Namun, Hitfilm Express juga memiliki tools dan efek yang banyak dan menarik.

6. Windows Movie Maker
Seperti namanya, Windows Movie Maker adalah aplikasi video editor. Aplikasi ini adalah alternative yang baik untuk menggantikan video editor lain seperti Adobe Premiere Pro, Wondershare Filmora, atau Cyberlink PowerDirector. Windows Movie Maker juga lebih sederhana dan mudah dipelajari daripada ketiga aplikasi video editor berbayar diatas. Namun, jika Anda kurang puas dengan Movie maker, Anda dapat mencoba aplikasi lain seperti Lightworks(free version) yang memiliki fitur lebih lengkap.

7. Raw Therapee
tampilan aplikasi Raw Therapee

Alternatif aplikasi seperti Adobe Lightroom dan ACDSee yang sangat berguna untuk Photographer.

8. Pickpick Atau Lightshot
Alternatif software screen capture atau yang berfungsi untuk mengambil screenshoot seperti Faststone Capture. Selain itu, ada juga software bawaan windows, yaitu Snipping Tools.

9. Scribus
tampilan aplikasi Scribus

Alternatif Adobe InDesign untuk desain yang memerlukan layout advance seperti buku, koran atau majalah.

10. EagleGet
tampilan aplikasi EagleGet

Jika anda suka melakukan download tapi tidak bisa membeli lisensi original IDM, anda dapat menggunakan Eagleget. Eagleget tidak kalah dengan IDM bahkan konon katanya mempu melebihi kecepatan download IDM. Selain itu, jika mendownload format video seperti mkv dan mp4, apabila anda hanya menyelesaikan download 50 %, maka anda juga mendapat video yang anda download kurang lebih 50 % juga. Berbeda dengan IDM yang harus selesai mendownload hingga 100 % untuk dapat membukanya.

11. 7-Zip
tampilan aplikasi 7-Zip

Alternatif WinRAR atau WinZIP untuk melakukan kompresi file. Format yang dihasilkan 7-zip adalah (.7z).

12. ImgBurn
tampilan aplikasi ImgBurn

Software kecil tapi sangat bermanfaat untuk membuat file iso, burning file iso,dan sebagainya. Alternatif software seperti Daemon Tools atau PowerISO.

13. Rufus
Alternatif PowerISO yang digunakan untuk membuat bootable disk dengan sangat mudah.

Sebenarnya, ada juga aplikasi lain yang menyediakan versi gratis dan pro, seperti advanced system care, driver talent, dan lain sebagainya.
Jadi, aplikasi mana yang akan kamu ganti ?

Comments

  1. Replies
    1. hehe saya malah yang paling kurang paham aplikasi blender. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  2. saya pake movie maker gan...masih newbie.hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Movie maker juga nggak kalah canggih gan sama aplikasi lainnya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Langkah Install DirectX 9 Di Windows 10 secara Offline

Mengenal Titik Lagrange: Titik Stabil untuk Penempatan Wahana Antariksa

Pengin atau Berencana Ikut Olimpiade Astronomi? Ini 6+ Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadapinya