6 Pekerjaan sampingan cocok untuk siswa yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi

pekerjaan dalam teknoologi
Sebagian pelajar di indonesia masih banyak yang masih sangat bergantung dengan orang tua, khususnya dalam hal ekonomi atau keuangan. Mereka masih mengandalkan ekonomi orang tua untuk memenuhi kebutuhan sekolah, seperti uang saku sehari - hari, uang bulanan, hingga iuran mendadak seperti iuran perpisahan atau baju seragam kelas.

Hal ini dapat dikarenakan siswa -  siswa tersebut belum memiliki penghasilan sendiri untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Tidak seperti di negara lain yang lebih maju, memang tidak banyak pekerjaan sampingan atau part time yang ditujukan untuk pelajar. Namun, sebenarnya tidak sedikit pula pekerjaan sampingan yang sebenarnya cocok untuk siswa, baik dari pekerjaan harian yang dapat dilakukan rutin dalam kehidupan sehari - hari, maupun pekerjaan yang hanya tersedia di saat tertentu. kita tidak bermaksud untuk menyuruh semua siswa untuk bekerja hingga melupakan kegiatan sekolah, tapi agar pelajar dapat berlatih hidup mandiri, tidak bergantung pada orang tua, dan dapat memenuhi kebutuhan sekolah sendiri. Walaupun penghasilannya juga tidak terlalu besar, karena memang ditujukan sebagai pekerjaan sampingan untuk siswa

1. Menjadi freelancer
Masih banyak masyarakat indonesia yang belum mengenal apa itu freelancer. Freelancer secara sederhana dapat diartikan sebagai pekerja bebas. Pekerja bebas disini artinya kita tidak bekerja secara full terus menerus satu pekerjaan, melainkan berganti pekerjaan yang dapat kita pilih. Jadi kita dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita.salah satu situs populer adalah freelancer.com, situs ini menawarkan pekerjaan dari kategori seperti desain web, desain logo, matematika, dan sebagainya.

2. Menjadi blogger
Blogger cocok untuk siswa yang senang menulis. Kita dapat menulis artikel apa saja sesuai kemampuan atau kesukaan kita, baik berita terbaru, teknologi, rangkuman tugas sekolah, maupun karya sastra dan non sastra. Penghasilannya dapat kita peroleh dari iklan melalui program seperti google AdSense, program shorten link, Dan sebagainya, meskipun butuh waktu yang tidak sebentar hingga blog daat menghasilkan uang. tapi, apa salahnya mencoba untuk masa depan?

3. Menjadi content writer untuk situs yang sudah populer
Sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan blogger.jika di blogger kita menulis untuk blog sendiri yang tidak langsung mendapatkan bayaran, tapi jika kita menjadi content writer Kita memberikan artikel kita ke situs besar dan populer seperti jalan tikus.com. Sehingga, jika artikel milik kita diterima dan dipublikasikan di situs tersebut, maka kita dapat mendapatkan uang dari pengelola situs tersebut. Sangat cocok untuk yang hobi nulis tapi kurang memiliki kemampuan untuk mengelola blog sendiri.

4. Menjadi Youtubers
Bagi yang suka membuat film pendek baik untuk kepentingan pribadi atau sekolah dapat mengupload videonya ke youtube atau situs video online lain yang populer. Metode penghasilannya juga tidak terlalu berbeda dengan blog, yaitu iklan

5. Menawarkan jasa pengetikan artikel atau karya tulis
Bagi yang memiliki keterampilan mengetik cepat dengan sepuluh jari, dapat mencoba peluang bisnis ini. Kita dapat mengetik berbagai artikel atau karya tulis milik teman atau kerabat.

6. Menawarkan jasa edit foto, video, dan sebagainya
Tentunya masa – masa sekolah cukup banyak tugas yang berhubungan dengan dunia digital, terutama yang harus diedit – edit menggunakan software seperti foto, video, bahkan blog. Tapi, tentu saja apabila diizinkan oleh guru pembimbing tersebut.

Begitulah contoh pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh siswa. Sebenarnya masih ada yang lain, namun tidak setiap orang dapat melakukan seperti mengikuti berbagai lomba dan kegiatan agar mendapatkan pemasukan, dan sebagainya. Namun intinya adalah kita harus dapat menabung uang kita dengan baik, kita kurangi gaya hidup yang boros dan teruskan bekerja. Selain itu, dengan pekerjaan yang saya sebutkan di atas saya juga tidak bermaksud agar kita melakukan sesuatu harus dengan upah atau bayaran, Karena lebih baik ikhlas dan menyerahkan pembalasannya pada Tuhan.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Install DirectX 9 Di Windows 10 secara Offline

Mengenal Titik Lagrange: Titik Stabil untuk Penempatan Wahana Antariksa

Pengin atau Berencana Ikut Olimpiade Astronomi? Ini 6+ Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadapinya